Suatu hal yang lumrah kalo sekarang boyband, girlband, drama korea, dan apapun yang berbau Korean, menjadi sesuatu yang dianggap happening. Gimana enggak? coba bayangin aja, sekarang ini ibaratnya mereka sedang menuai segala bentuk investasi jangka panjang yang ingin diciptakan untuk mengangkat Korea (terutama si modis dan dinamis Korea Selatan) ke mata dunia. Selama ini mungkin pamornya sedikit banyak hanya menjadi bayang - bayang Jepang (yang memang sudah merajalela dan terkenal dengan segala kelebihannya).
Industri pariwisata dan kebudayaan benar - benar fokus melakukan pencitraan mulai dari memperkenalkan berbagai lokasi wisata (yang semuanya habis - habisan dikelola secara profesional) yang dimunculkan silih berganti dalam drama - drama korea yang bikin para abege dan ibu - ibu perlu nyediain tisu di sekitar tempat mereka nonton film dan drama - dramanya (ceritanya masuk akal, dramatis - pastinya, pemerannya yang cantik dan cakep, dan terkadang sama soundtrack yang easy listening). Semuanya sukses bikin para penontonnya dari berbagai belahan bumi penasaran dan terbayang - bayang buat liburan ke negeri itu.
Pernah di salah satu acara tv berlangganan di rumah, gue nonton betapa seriusnya pemerintah buat ngurusin lokasi wisata yang sering muncul di drama - drama korea, jadi suatu paket tour menarik, buat narik atensi para wisatawan. Coba dech cek ke para penggemar Winter Sonata (slaah satu drama korea paling dramatis dan penuh air mata yang pernah muncul di tv kita), pasti mereka masih hapal setiap spot romantis adegan - adegannya Bae Yong Joon dan Choi Ji Woo yang gendong - gendongan sepanjang setapak bersaljudi Nami Island yang romantissss banget itu..hahahah atau bahkan udah dateng langsung ke tempatnya! wohoooo!!

^^ tuh khan, sampe ada patungnya segala lhooo..ckckck, niat banget yaah

^^ Nami Island in autumn

^^ ini salah satu travel adv. di koran Kompas 22 Mei 2012 lalu
Started with all that Kpop - boyband and girlband stuff (they made their own style and then transform it into a massive fever here in Indonesia). Berkat pelatihan bertahun - tahun (nyanyi, nari, nge rap klo perlu, operasi plastik untuk bikin tampang dan bodi makin kece, manners, bisnis, de el el) para calon bintang pun jadi bener - bener berkualitas dan sukses mendulang fans di seantero jagat raya *lebay*. setau gue di koran Kompas pun sampe pernah ada lho artikelnya yang ngebahas tentang proses pelatihan sampe promosinya calon bintang korea. Hebat khan ? :D
Nggak perlu dijelasin lebih jauh lagi, betapa eksisnya para girlband dan boyband korea, dan segala kpop culture yang akhirnya menciptakan generasi para abege indonesia yang terjun jadi jelmaan mereka - versi Indonesia : Cherrybelle (girlband yang terbentuk per 2011, dan terdiri dari 9 personil pada awalnya, namun sekarang tinggal 7 orang), Sm*sh (boyband yang terdiri dari 7 personil, dan mulai eksis per 2010 lalu), jadi 2 contoh paling eksis sekarang yang lagi asik berjaya di berbaagi acara musik baik on air, off air, dalam iklan, sinetron, dan reality show.
^^ Sm*sh (atas) dan Cherrybelle (bawah) - liat donggg gayanya : lets meet the ababil nowadays icon! hehehe, unyu unyu bangetttt khan ;p
Psst.. sekedar update, bahkan Cherrybelle yang kehilangan 2 orang personilnya, sekarang lagi sibuk juga lho nyari calon Chibi baru. Ada yang mau coba? hehehe..
Nah, para artis, baik personel girlband, boyband ataupun para bintang film korea ini juga punya banyak style fashion yang super cute dan gaya yang unyu - unyu* (*gaya cherrybelle). Sebenernya sekilas gaya mereka ini para Kpop stars mirip - mirip dengan gaya artis jepun yang juga colorful, trendy and quirky. Tapi klo menurut gue pribadi sich gaya para Kpop stars lebih mudah diaplikasikan sama budaya lokal kita dan nggak terlalu absurd, hehehe..Inilah yang menjadi faktor kenapa fashion ala Kpop stars menjadi happening banget di Indonesia.
Kalo ada yang sering ditawarin ato di tag foto product fashion korea, mulai dari BB group, sampe tag - tag nggak penting di facebook, pasti sadar klo akhir - akhir ini lebih banyak yang productnya (katanya) made in korea, dibanding beberapa tahun lalu yang masi didominasi product fashion made in China ato Japan. Coba aja colek para reseller product Korea a.k.a Para Admin Online Shop. (iya gak sis? hihihi)

^^ kalo yang ini, salah satu product online shop asal korea yang lagi berseliweran di berbagai Blackberry Messenger (BBM) Group, dan Facebook
Lagu - lagu milik artis korea juga easy listening dan bervariasi, mulai dari yang mendayu - dayu, pop dance, pop rock, hip hop, sampe yang (ceritanya) rock abis gitu. Semuanya dinyanyiin sambil ngedance, bikin abege disini pun makin centil ikutan ngedance (gapapa, biar sehat, hehehe).
Nggak puas di dunia entertainment dan Tourism, Korea juga ber invasi dalam bentuk kerajaan retail - yang sekarang juga menjamur di berbagai sudut kota Jakarta - dengan nama brandnya : LOTTEMART. Well, siapa sich kaum esmud yang nggak pernah nyoba belanja di Lottemart ini? Pasti at least udah pada pernah dech (sstt, bahkan mungkin sudah punya membercard nya). Dominasi warna merah terang, barang - barang super lengkap, deretan Korean Food yang memanjakan para Korean Freak makin seneng maen dan belanja disini (mulai dari mie instan, ramen, camilan, biskuit beraneka ragam rasa, dan bentuk, sampe ice cream Bingrae). Dannn, ternyata harga - harga barangnya pun sedikit lebih murah dibanding dengan milik retail gede asal Perancis, named C*******R yang udah jauh lebih lama bermain di dunia retail Indonesia.
^^ LOTTEMART pertama di Indonesia, dibuka di Ratu Plaza Ground Floor
Ouya, jangan lupakan juga product LG yang ada di hampir setiap rumah tangga dalam bentuk AC, Kulkas, Mesin Cuci, de el el
Hmmm.. Setelah sekian banyak bentuk invasi Korea disini, apa lagi yaa yang akan mereka bawa kesini? Mobil? (biar makin hot saingannya sama Jepang si produsen mobil), ato Smartphone mungkin? hehehe, apapun itu bentuknya, semoga aja Indonesia, terutama pemerintah dan generasi muda kita makin terpacu dan makin tertantang buat nggak hanya jiplak, tapi bikin inovasi nya sendiri. Film karya Indonesia banyak yang bagus kok, lokasi wisata kita jauh lebih banyak dan menarik, kita - kita juga nggak kalah kece sama penampilan para Kpop stars, bahkan tanpa operasi lhooo, hehehe.. iya khan :)
-ciao-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar